3 Komponen Pembentuk Robot

Sebelum baca ini saya harap kamu sudah tau ya apa itu robot? Dan yang paling penting juga sudah memahaminya. Jika belum, kamu tau kan harus apa? Baca postingan dikelas sebelumnya...

Dikelas sebelumnya pun sudah sempat disinggung kalau robot itu harus terdiri dari 3 komponen. Masih ingat? Komponen itu adalah Mekanik, Elektronik, dan Program.

Nah dikelas ini kita akan sama-sama bahas lebih dalam, satu persatu dari komponen tersebut.

1. Mekanik. komponen Mekanik dalam Robot itu meliputi bahan-bahan apa yang digunakan robot itu? Serta bagaimana bahan-bahan itu dibentuk mejadi robot?


Contoh: diatas ada 1 gambar komponen terpisah dan ada 1 mobile robot yang sudah jadi. Nah, cara yang digunakan untuk membuat komponen terpisah tersebut agar bisa jadi robot yang utuh, itulah yang dipelajari di ilmu Mekanika dalam robot.


Contoh lainnya bisa kamu perhatikan lagi gambar yang diatas. Disitu ada Arm Robot yang sedang menggenggam bola. Nah bagaimana cara Arm Robot itu bisa sampai memegang bola? Jawabannya bisa kamu tahu, kalau kamu mempelajari dan memahami Mekanik. Dan bersyukurlah karena sedang kita pelajari sama-sama sekarang.

Atau agar kamu lebih paham dan tahu yang mana komponen Mekanik dalam robot. Saya katakan sederhana bahwa, "Semua yang bisa kamu lihat secara fisik dalam robot, itu adalah komponen mekanik."

2. Elektronik. Komponen elektronik dalam robot itu dimulai dari arus lemah yang dipakai untuk menghidupkan robot, sebutan umumnya adalah listrik. Listrik yang digunakan adalah arus DC (baterai atau adaptor), itu yang sering digunakan, terutama dalam pembelajaran robotic. Listrik ini di ibaratkan jantung kalau dalam tubuh manusia.

Yang termasuk kedalam komponen Elektronik robot lainnya adalah Controller (otak robot), Sensor (indra robot), Actuator (penggerak), dan yang lainnya. Dibawah ini adalah penampakan dari contoh beberapa komponen elektronik.


Intinya semua benda yang berhubungan dengan energi listrik, itu termasuk kedalam komponen elektronika.

3. Program. Komponen program dalam robot bisa disebut komponen paling tinggi. Walau hanya ditanamkan di salah satu chip, tapi dengan komponen program ini robot dapat melakukan fungsi dan tugas dengan sangat spesifik. Dan semua itu dilakukan dengan berbagai macam intruksi (bahasa pemograman).


Yang paling terkenal, atau paling sering digunakan adalah pemograman dengan bahasa C, karena yang paling powerfull. Tapi semua bahasa pemograman termasuk assembler, pascal, java, bisa digunakan untuk memberi perintah robot.

Pemograman grafik robot dengan Ardublock.
Bahkan sekarang anak tingkat SD sudah bisa mulai mempelajari Program Robot. Semua itu didukung dengan keberadaan Software Pemograman robot yang berbentuk grafik, bukan teks lagi.

Hmm,,, Sudah cukup dulu ya, dikelas selanjutnya akan dibahas lebih rinci lagi satu persatu dalam satu persatu kelas tentang Mekanik, elektronik, dan program. Oke, see you...

0 Response to "3 Komponen Pembentuk Robot"

Posting Komentar