Robot Itu Apa Ya?

Robot itu apa ya? Saya pertama kali kenal ma Robot Tuh pas nonton film Power Ranger. Atau apa ya waktu itu? Oh ya kamen rider. Iya itu waktu kecil saya pikir Robot tuh bentuknya seperti manusia. Terus imajinasi saya berubah setelah muncul film, "Transformers", iya saat itu saya berpikir kalau Robot itu bisa berubah dari bentuk kendaraan (mobil, motor) kebentuk Manusia. #Korban_Film


Tapi dari banyak film, saya tau kalau robot itu ada mesinnya, kemudian bisa bergerak, bisa berpikir seperti manusia, dan ada otak buatan, tapi ada tombol on dan off nya juga. Berdasarkan ilmu Robotika, Robot itu harus terdiri dari 3 komponen;
  1. Mechanic (tubuh/badan pembentuk robot)
  2. Electronic (listrik atau darah kalau dalam manusia)
  3. Computer (program, otak pada robot)
Untuk pembahasan lebih jelas, nanti dibahas dipostingan lain ya... Sekarang yang penting kamu bisa melanjutkan kalimat ini, "Robot adalah..."

So! Apa itu robot?

Berdasarkan Wikipedia, "Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan)."

Apakah AC dan Handphone termasuk kedalam Robot?

Apakah AC alat Mechanic? Mungkin iya, karena penutupnya bisa bergerak. Tapi apakah AC melakukan tugas fisik? Tentu tidak, berarti AC bukan Robot.

Lalu apakah Handphone memiliki program? iya handphone memiliki program, dan bahkan bisa diprogram ulang. tapi apakah handphone Alat Mechanic? Bukanlah, Handpone itu alat Komunikasi, dan tidak bisa Melakukan Tugas Fisik. Jadi JELAS, Handphone bukan Robot.

Sekarang mengerti ya, jika nanti ada yang bertanya sama kamu, "Apa itu Robot?" kamu bisa jelasin ke dia bahwa, "Robot adalah alat mekanik (mechanic) yang bergerak menggunakan energi listrik (electronic), dan bisa melakukan tugas fisik berdasarkan Program (computer) yang telah terinstal."

Oke sekian dan Semoga Bermanfaat...

0 Response to "Robot Itu Apa Ya?"

Poskan Komentar