Siapakah Penemu Robot Pertama?

Bicara tentang sejarah robot, maka pertama kali akan saya kenalkan kamu dengan Karel Capek, dialah yang pertama kali menyebutkan istilah, "Robota" dari bahasa Cheko yang artinya; budak atau pekerja yang tidak pernah lelah dan bosan. Dalam sebuah Drama R.U.R (Rossum's Universal Robots) pada tahun 1921. Robot pada drama itu bukanlah Robot yang di identikan dengan mesin mekanik, melainkan manusia yang melakukan pekerjaan terus menerus.

Seiring perkembangan zaman, manusia tidak bisa melakukan pekerjaan terus menerus tanpa adanya lelah dan kebosanan. Maka ditemukanlah satu persatu mesin mekanik yang beriringan menggantikan pekerjaan manusia. Sehingga istilah Robotpun bergulir menjadi Mesin Mekanik yang saya dan kamu ketahui sekarang.

Nah sekarang, dari manakah asal mula Mesin Mekanik itu?
Siapakah yang pertama kali menemukan robot?

Bentuk robot pertama kali diciptakan sekitar abad ke-12, saat itu yang pertama kali menemukan sistem robotika bernama Ibnu Ismail Al Jazari, lahir di Al Jazira, tepatnya antara Sungai tigris dan Efrat. Nama lengkapnya Badi Al-Zaman Abullezz Ibn Alrazz Al-Jazari. Dia tinggal di Diyar Bakir, Turki.

Banyak dikatakan pada masanya Al Jazari telah berhasil membuat robot yang bisa diprogram. Dan bentuk robot yang berhasil dia buat, berbentuk seperti perahu terapung disebuah danau, di dalamnya terdapat robot pemain musik. Robot ini di buat sebagai penghibur tamu kerajaan kala itu.

Image from anothermag.com
Tapi masih banyak lagi bentuk robot yang berhasil dibuat Al Jazari, salah satunya adalah mesin yang memungkinkan membuat air bergerak secara otomatis dalam istana.

Termasuk juga yang paling populer sampai saat ini adalah JAM GAJAH.

Ya begitulah... Tak pernah disangka dari banyak robot canggih yang telah diciptakan oleh jepang, negara eropa, dan amerika. Ternyata awal sejarah dari kecanggihan robot tersebut adalah dari seorang muslim...

Langganan Artikel terbaru FREE via EMAIL

3 Responses to "Siapakah Penemu Robot Pertama?"

  1. gan izin sedot yah... heheheh....

    BalasHapus
  2. terimakasih artikelnya sangat bermanfaat,menambah pengetahuan bagi kita para pembaca. saya juga ingin merekomendasikan web mengenai robotika yang dapat menambah pengetahuan dan bisa langsung klik link berikut ini http://robotika.blog.gunadarma.ac.id/

    BalasHapus