Untuk Apa Belajar Robot?

"Perkenalkan saya Ajang. Saya adalah salah satu instruktur Robotic, dan keberadaan saya disini adalah untuk menjawab pertanyaan bapak dan ibu, yang masih sering bertanya untuk apa belajar robot?"

Cuplikan diatas adalah kalimat pembuka ketika saya diharuskan untuk presentasi Pelajaran Robotic didepan semua orang tua murid. Ya kebetulan sekarang saya bisa dipanggil seorang guru Robotika disebuah sekolah, atau lembaga Robotic.

Pada saat presentasi tersebut saya mulai dengan sebuah cerita. Dimana saat itu saya menceritakan;

Saya pernah menanyakan satu pertanyaan, ketika saya baru masuk kesebuah kelas yang baru pertama kali belajar robotic. Saya tanyakan kepada mereka, "Siapa yang tau apa itu robot?."

Jawabannya bermacam-macam ternyata, ada yang menjawab, "Transformers," ada yang menjawab, "Real Steel," dan ada juga yang menjawab, "Doraemon."
Robot dalam Film tidak 100% nyata.

Ternyata bagi anak yang belum pernah belajar robotic. Wawasan mereka mengenai robot masih dibatasi oleh film yang mereka tonton. Padahal didalam film tidak 100% bahwa robotnya itu benar-benar robot asli yang ada di dunia nyata. Contoh Transformers paling cuman 10% robot aslinya, 90% nya itu animasi komputer. Real Steel pun cuman sekitar 30% robot aslinya, 70% itu animasi juga. Dan Doraemon, itu 100% kartun. :D

Film juga membatasi gambaran dan imajinasi mereka mengenai robot. Yang mereka tahu robot itu akan seperti manusia dan bisa berubah menjadi manusia yang bentuknya mesin. Padahal robot yang tengah dikembangkan oleh dunia sekarang itu bentuknya beragam.

Bahkan sebenarnya tanpa disadari robot itu sudah hidup bersama manusia sekarang. Sistem robotika itu telah ada dalam kehidupan sehari-hari. Kita tidak sadar karena bentuknya yang tidak seperti robot yang kita gambarkan.

Contoh yang paling sederhana, sekarang Ibu kita sudah memasak menggunakan Rice Cooker. Di dalam Rice Cooker itu ada salah satu komponen yang dipelajari dan begitu penting dalam robot, yaitu Sensor. Dan Rice Cooker menggunakan sensor suhu. Dimana sensor tersebut dapat mengetahui jika suhu didalam rice cooker sudah panas, artinya nasi sudah matang. Dan dia akan otomatis berpindah dari mode cook ke warm. Coba kalo gak ada sensor itu, sudah pasti gosong.
Ada Sensor Panas dalam Rice Cooker

Dan selain sensor, tentu ada komponen lainnya berupa rangkaian elektronik dalam rice cooker tersebut. Dimana itu juga ada dalam Setrika otomatis, Dispenser, kulkas, dan perangkat lain yang menggunakan elemen (sensor) suhu.
Sensor lainnya juga sudah mulai hidup di Mall. Saat kamu mau masuk kedalam sebuah mall, kamu tidak perlu repot membuka pintu Mall nya, atau Satpam yang bukain pintu untuk kamu. Tapi pintunya sudah dengan otomatis dapat terbuka sendiri.

Ada sensor diatas pintu Mall.

Jika kamu perhatikan, di atas pintu Mall tersebut sebenarnya terdapat sensor yang dimana dia dapat mendeteksi, ketika ada orang yang mau lewat kepintu tersebut. Apa nama sensor itu? Dan bagaimana cara kerjanya? Saya bahas di kelas berikutnya.

Lalu bagaimana dengan Scanner saat kamu mau masuk kepesawat terbang? Dan bagaimana dengan palang parkir otomatis? Dan lampu dijalan, apakah ada orang yang menghidup matikan? Ada banyak hal... Dan wawasan kamu akan teknologi akan unggul jika belajar robot... Karena semua teknologi systemnya dipelajari di Robotika.

Lalu apa lagi?

Selanjutnya adalah Kompetisi. Sekarang kompetisi robot tidak kalah serunya dengan kompetisi yang sudah populer di dunia. FIFA World Cup pun lebih seru jika yang main adalah Robo Soccer, Robocup adalah salah satu nama kompetisi.
Robocup Singapore

Lalu untuk dunia kerja. Seiring munculnya robot untuk kebutuhan Indutri, manusia sudah bisa dibilang tidak dibutuhkan lagi. Dan resikonya adalah pengangguran. Semua bidang lainnya bisa juga jadi dikuasai sama robot. Tapi itu tidak akan terjadi jika kamu bisa mengusai robot dan mengontrolnya.
Robot dalam dunia industri.

Nah untuk itulah belajar robot. Jadi jika sekarang masih banyak yang ragu dan menanyakan, "Untuk apa saya belajar robot?" selanjutnya akan berubah menjadi, "Untung saya belajar robot."

Langganan Artikel terbaru FREE via EMAIL

1 Response to "Untuk Apa Belajar Robot?"

  1. saya ingin belajar tentang robot dimana dapat sy belajar...?

    BalasHapus