Jenis-Jenis Robot Beroda

Masih ingat? Di salah satu jenis robot, ada robot yang bergerak atau berpindah tempat menggunakan roda. Dimana robot beroda ini adalah yang paling banyak dibuat pada masa ini. Baik untuk aplikasi yang serius, dan juga untuk yang sekedar hobbi robot, atau pembelajaran.

Di kelas ini saya hanya ingin memperkenalkan jenis-jenis robot beroda yang banyak diaplikasikan di dunia. Apa saja itu?

1. Robot Beroda Satu. Tidak ada yang bisa saya jelaskan disini, selama ini saya belum menemukan robot yang berjalan menggunakan roda satu. Mungkin karena mekaniknya yang sulit, juga sistem kontrolnya yang mustahil.
2. Robot Beroda Dua. Atau lebih sering disebut Segway, robot ini memerlukan Sensor Gyro untuk menjaga keseimbangannya agar bisa tetap berdiri. Sensor Gyro ini, aplikasinya selain pada robot, juga ada pada setiap Smartphone canggih sekarang.


3. Robot Beroda Tiga. Ada dua jenis robot beroda tiga. Ada yang hanya menggunakan dua roda yang bisa bergerak, dan roda yang satunya hanya sebagai penyeimbang dan juga membantu berbelok, tapi tidak ada penggerak dalam rodanya. Dan ada juga yang ketiga rodanya dapat bergerak, dan selalu menggunakan Omni Wheel, jenis roda yang memiliki roda-roda kecil didalamnya, memungkinkan robot dapat bergerak kesegala arah.

Castor
Omni Wheel

4. Robot Beroda Empat. Robot beroda empatpun sama. Ada yang hanya dua roda belakang yang dapat bergerak, dan roda depannya hanya roda biasa. Ada juga yang 4WD, iya robot yang keempat rodanya memiliki Actuator dan dapat bergerak.

4WD

5. Robot Beroda Tank. Banyak keuntungan robot yang menggunakan roda tank, salah satunya robot dapat berjalan pada tempat yang tidak rata, berbatu, bahkan tangga sekalipun.


Sampai disini. Itulah yang bisa saya sampaikan untuk jenis-jenis robot beroda yang banyak penerapannya, baik hanya sekedar hobbi, pembelajaran, robot batle, bahkan robot dalam restauran. Semoga bermanfaat...

Langganan Artikel terbaru FREE via EMAIL

0 Response to "Jenis-Jenis Robot Beroda"

Poskan Komentar