2 Jenis Kabel Yang Digunakan Pada Robot

Pada dasarnya Robot tidak perlu menggunakan berbagai macam jenis kabel. Hanya terkadang konektornya saja yang berbeda. Dan tidak serumit kabel jaringan komputer, kabel pada robot hanya ada dua jenis.


Memang bentuk dan warnanya terkadang berbeda. Terutama untuk warna, biasanya warna hitam dipakai untuk aliran listrik positif, dan merah untuk aliran listrik negatif atau ground. Warna kuning untuk data. Maka sebenarnya hanya ada dua jenis kabel, kalau dilihat dari fungsinya:

Jenis-Jenis Kabel Yang Digunakan Robot

1. Kabel Listrik. Ini berfungsi untuk mengalirkan energi dari baterai atau sumber listrik lainnya, ke setiap komponen pada robot. Termasuk controller, actuator, sensor, dan lainnya. Kabel listrik ini ibarat urat pada manusia, yang mengalirkan darah kepada setiap organ tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan, kabel listrik biasanya diberi warna merah untuk positif, dan hitam untuk negatif.

Kabel Listrik, Positif dan Negatif.
Pada DC Motor hanya menggunakan 2 kabel listrik (positif dan negatif), untuk menggerakannya. Kecuali untuk janis Motor Servo, tidak cukup hanya menggunakan kabel listrik. Butuh satu kabel lagi untuk datanya.

2. Kabel Data. Berfungsi untuk menerima dan mengirim data. Baik itu menerima data dari sensor untuk diterima oleh controller, maupun data yang dikirim dari controller menuju actuator atau output lainnya. Dalam tubuh manusia kabel data di ibaratkan saraf, yang menghubungkan  otak dengan semua organ pada tubuh, dan mengendalikannya.

2 Kabel Listrik (positif negati), dan 1 kabel data.
Pada USB kabel terdiri dari 2 kabel listrik (positif negatif), dan 2 kabel data (penerima dan pengirim).
Sementara pada sensor robot  kebanyakan menggunakan 2 kabel listrik dan 1 kabel data, untuk sensor tertentu biasang menggunaka lebih banyak kabel data.

Baca juga: 8 Komponen Utama Dalam Robot

Langganan Artikel terbaru FREE via EMAIL

0 Response to "2 Jenis Kabel Yang Digunakan Pada Robot"

Poskan Komentar