Apa Itu Arduino? Arduino Adalah...

Sebelumnya udah pernah saya sebut bahwa, salah satu Microcontroller keturunan AVR, ada yang bernama Arduino. Ya Arduino adalah Microcontroller yang menggunakan chip AVR dari ATMEL, yang sering digunakan adalah keturunan ATMEGA.

Arduino adalah microcontroller, dan microcontroller secara singkat adalah, "Sebuah sistem komputer yang fungsional dalam sebuah chip,". Didalamnya sudah ada processor, memory, input output, dan bisa dibilang bahwa microcontroller ini adalah komputer dalam versi mini.


Karena ukurannya yang kecil, microcontroller sering digunakan untuk mengendalikan rangkaian lampu LED, membuat MP3 Player, DVD, Televisi, AC, dan untuk membuat sebuah projek yang kita butuhkan seperti alarm motor misalkan . Dan tentu saja bisa juga untuk membuat projek robot. Dan dalam robot sendiri kita sudah ketahui bahwa microcontroller, berfungsi sebagai otaknya.

Nah lalu, apa yang membedakan Arduino dengan microcontroller yang lain? Arduino open source, skemanya boleh di cloning. Terus Arduino memiliki bahasa peograman sendiri. Didalam chipnya sudah ada bootloader, dimana bahasa pemogramannya menggunakan bahasa C, tapi yang sudah disederhanakan. Dan juga sudah tersedia berbagai macam library.

Dan yang paling penting adalah Arduino adalah Microcontroller yang paling populer di Dunia. Dan karena open source, pengembangnya ada dimana-mana, sehingga kita juga tidak akan kesulitan ketika mau mencari referensi.

Dan yang terakhir bagi saya adalah arduino itu keren. ;)

1 Response to " Apa Itu Arduino? Arduino Adalah... "