8 Alasan Mengapa Harus Pilih Arduino?

"Saya hanya ingin membuat kamu lebih yakin, bahwa kamu tepat telah memilih Arduino. Ya dari banyak platform microcontroller lain, Arduino memiliki banyak kelebihan. Dan tentu saja membuat kamu akan lebih semangat dan menambah pengetahuan lebih mengenai si Arduino ini."

Di kelas ini. Kamu tidak perlu bertanya apa itu Arduino, apa saja jenisnya, atau seperti apa awal mulanya. Pertanyaan yang tepat yang harus kamu tanyakan adalah Mengapa saya harus pilih Arduino? Dan apa saja kelebihannya Arduino? Maka akan saya jawab...

Kamu harus pilih arduino:

Pertama, Karena Arduino Mempunyai Bootloader.  Bootloader semacam sistem tersendiri untuk Arduino, yang membuat Arduino tidak memerlukan lagi tambahan chip programmer. Bootloader ini berfungsi untuk menangani proses memasukan program dari komputer ke Arduino.

Kedua, Karena Arduino Terjangkau. Saya cek dari harga, kemudian saya bandingkan dengan fasilitas yang ada di dalam Arduino. Dan saya pikir lagi, "Harga segini ternyata bisa beli ginian ya, haha". Pokonya murah deh... ;)

Arduino Kecil dan Harganya Terjangkau

Ketiga, Karena Arduino Mudah Dipelajari. Bahasa pemograman Arduino adalah bahasa C yang sudah menjadi sederhana. Sehingga memudahkan pemula. Kamu pun yang bukan orang teknik atau berasal dari programmer, pasti bisa menggunakan Arduino.

Keempat, Karena Arduino Menggunakan USB. Untuk pemograman sudah tidak memerlukan paralel port atau sebagainya, USB memudahkan kamu untuk proses pemograman. Karena USB ada di semua perangkan komputer.

Kelima, Karena Arduino Memiliki Banyak Library Gratis. Library ini berfungsi untuk menyingkat pemograman, sehingga kamu nggak perlu pusing lagi. Dan tersedia berbagai macam, ada yang untuk LCD, Servo, Sensor, dan sebagainya. Yang pasti Librarynya gratis... Cihuyyyy :D

Keenam, Karena Arduino Memiliki Fasilitas Lengkap. Sudah tersedia memori, pin input output yang lengkap. Ada PWMnya juga, ADC, timer, dan sebagainya. Pokonya lengkap deh... :)

Arduino Memiliki Fasilitas Lengkap

Ketujuh, Karena Arduino Open Source. Tidak hanya secara software saja yang bisa kamu utak-atik, tapi juga secara hardware. Kamu bahkan bisa membuat Arduino buatan kamu sendiri, dan malah pihak Arduino sendiri juga memberikan skemanya (arduino.cc). Dan karena Open Source juga, Arduino menjadi berkembang sangat cepat diseluruh dunia.

Kedelapan, Karena Komunitas Arduino Banyak. Kamu bisa gabung dengan grup yang ada difacebook, kamu bisa gabung dengan di media sosial lainnya juga. Komunitas-komunitas ini membuat kamu tidak pusing saat mau bertanya, atau mencari referensi untuk belajar. Karena di Google pun, banyak contoh-contoh projek Arduino yang telah dibuat. Di youtube banyak video tutorialnya. Dan di Kelas Robot, kamu bisa belajar Arduino dan Robot juga ... :D

0 Response to "8 Alasan Mengapa Harus Pilih Arduino?"

Poskan Komentar