Ada 3 Hukum Robot, Apa Sajakah Itu?

Saya akan mengajak Kamu kembali ke masa lalu, dan akan saya kenalkan kamu pada Isaac Asimov. Dialah yang menulis Cerita Fiksi Ilmiah, yang ikut mengawali sejarah perkembangan robot. Dan dalam salah satu ceritanya yang berjudul, "Runaround" tahun 1942 dikenalkan dengan lengkap 3 Hukum Robot (3 Laws Of Robotics).

1. A robot may not injure a human being or, through inaction, allow a human being to come to harm. Robot tidak boleh melukai manusia, atau dengan berdiam diri, membiarkan manusia menjadi celaka. 
2. A robot must obey the orders given to it by human beings, except where such orders would conflict with the First Law. Robot harus mematuhi perintah yang diberikan oleh manusia kecuali bila perintah tersebut bertentangan dengan Hukum Pertama. 
3. A robot must protect its own existence as long as such protection does not conflict with the First or Second Law. Robot harus melindungi keberadaan dirinya sendiri selama perlindungan tersebut tidak bertentangan dengan Hukum Pertama atau Hukum Kedua.

Dalam karya lainnya, Isaac Asimov juga menyebutkan kata Robotics pertama, yang mana tidak ia sadari karena dia berpikir itu sama dengan penggunaan ilmu terapan seperti Mechanic, atau Hydraulics.



Dan karyanya yang paling populer adalah IRobot. Cerita yang bertentangan dengan ke 3 Hukum Robot, yang mana semua robot menolak untuk patuh dan melawan manusia. Versi Movienya sudah hadir pada tahun 2004.

Langganan Artikel terbaru FREE via EMAIL

0 Response to "Ada 3 Hukum Robot, Apa Sajakah Itu?"

Posting Komentar